Akper Kesdam IM Lhokseumawe Melaksanakan Capping Day yang Ke-X

Akper Kesdam IM Lhokseumawe Melaksanakan Capping Day yang Ke-X

Rabu, 21 Feb 2018, 13:48:06 WIB - 90 View

AKADEMI Keperawatan Kesdam Iskandar Muda Lhokseumawe kemarin melaksanakan Capping Day dan Pemasangan Pangkat, pada 14 Februari 2018. Kata Capping Day sendiri sudah tidak asing lagi di kalangan bidan dan perawat di dunia. Karena Capping Day merupakan salah satu tradisi yang masih dilakukan hingga saat ini. Dalam dunia pendidikan keperawatan di Indonesia, hampir semua sekolah keperawatan baik akademi maupun sekolah tinggi/universitas melakukan Capping Day setiap tahun. Capping Day merupakan suatu seremonial yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat satu yang telah menjalani perkuliahan selama kurang lebih satu semester. Saat Capping day mereka akan mengucapkan janji mahasiswa, lalu secara simbolis serta diberi pin dan kap (diperuntukkan khusus wanita) serta peresmian penggunaan seragam perawat.

Capping Day merupakan langkah awal di dalam menciptakan seorang tenaga perawat yang profesional, untuk itu hendaknya seluruh mahasiswa dapat memanfaatkan momen ini sebaik mungkin. 

Demikian sambutan Direktur Akper Kesdam IM Lhokseumawe dalam acara Capping Day, Akademi Keperawatan (Akper) Kesdam IM Lhokseumawe Angkatan X (Sepuluh), dengan mengikuti proses pemasangan cap ini, berarti para mahasiswa Akper Kesdam IM Lhokseumawe ini telah dipersiapkan untuk memberi pelayanan langsung kepada pasien dilahan praktek. 

“Setiap mahasiswa perawat hendaknya memiliki jiwa penolong dalam memberikan pelayanan kepada orang lain dan harus benar benar dilaksanakan dengan sepenuh hati," jelasnya.

“Seperti "Florence Nightngle" yang merupakan pelopor keperawatan di dunia. Florence ini adalah yang merawat tentara-tentara amerika yang terluka tanpa mengenal lelah dan hanya menggunakan sebuah lentera dalam melayani pasiennya pada malam hari," ungkapnya.

Direktur Kesdam IM Lhokseumawe juga menuturkan dalam sambutannya bahwa nilai etika dan disiplin serta kekompakan juga perlu dikedepannkan. Oleh sebab itu, Direktur menekankan agar para mahasiswa yang baru saja melakukan pemasangan cap tersebut dapat memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas. 

"Kalian harus memiliki integritas, etika, mampu berfikir kritis dalam setiap tindakan, memiliki motivasi internal yang kuat dan dapat diandalkan," tandasnya.

Share:

Partners